Sabtu, 24 Mei 2014

Alasan simple, kenapa Gue suka JKT48

1. MUSIK
Yap, paling mendasar sih gue suka musiknya, gue orangnya kan suka musik! Hahaha… pertama kali kenal JKT48 itu jelas dari iklan Pocari Sweat yang versi pantai dimana betapa
cemerlangnya Melody di sana. Itu langsung catchy banget di telinga dan memberi aura positif. Terus mereka mengeluarkan single satu-persatu mulai Aittakata (iklan Mio J), Kimi No
Koto Ga Suki Dakara (iklan yang terdapat Dhike yang kawaii banget). Sampai akhirnya, munculah lagu-lagu yang gue dengarkan di setlist Pajama Drive, baru deh gue semangat cari tau
lagu-lagu 48Family yang luar biasa enak-enak. Lagunya itu seperti lagu theme song kartun pagi, semangat! Entah kenapa, mungkin emang gue lebay, tapi gue sering merinding sendiri
kalo denger lagu-lagu mereka, meski banyak liriknya yang aneh dan kurang pas, tapi ada bagian-bagian perumpaan khas ala Jepang dan cerita-cerita cinta terpendam yang bagus banget
deh pokoknya. Gue juga dari dulu emang suka musik Jepang, progresi chordnya itu khas banget. :D

2. ISINYA CEWEK-CEWEK KECE (JELAS! NORMAL!)
Gue dulu pernah bilang pada seorang temen gue seorang cowok yang suka banget sama SNSD / Girls’ Generation, “eh, emang lo hafal gitu personelnya? gue kok susah bedainnya ya? abis
banyak dan mukanya hampir mirip-mirip semua…” dan sekarang gue? mendadak jadi hafal personel JKT48 yang berjumlah ya 48 orang lebih itu. Kena batunya deh gue, mungkin sekarang
jadi gantian gue yang keliatan aneh. Ya gitulah, tadinya gue juga gak hafal sih, tapi semenjak gue datang ke theater JKT48 jadi lama-lama tau dan hafal wajah dan karakter
masing-masing membernya. Jadi di JKT48 ini menarik, seperti didesain bahwa lo akan punya oshi (member favorit) sesuai dengan kepribadian lo, atau bahkan malah lo suka karena
kepribadian dia? Jadi, tiap orang bakal beda-beda. Kalo gue dulu sempet cocok sama penampilan Neneng Rosediana a.k.a Ochi a.k.a graduated member yang pendiam tapi manis (meskipun
akhirnya tau kalo dia ternyata aslinya cerewet). Kalo sekarang ini lagi terpana pada Lidya Maulida Djuhandar seorang berwajah Chinesse yang gue kenal dari penampilannya sebagai
backdancer, eh, dia jadi backdancer terus ya? Hmm, semoga lekas mengambil peran. Dan, pokoknya di JKT48 akan menunjukkan bahwa cantik itu relatif, untukmu oshimu, untukku oshiku..
:))

3. STRATEGI PROMOSI YANG UNIK
Nah, ini salah satu yang sekarang gue kagumi, sebuah hal yang segar di Indonesia dengan konsep ‘Idol yang bisa dijumpai setiap hari’. Yap, tinggal ke theater aja di fX lantai 4,
kamu bisa memberi semangat idolamu, melihat performancenya, hi-touch sambil memberi semangat dan pesan-pesan pribadi. Juga twitternya yang bisa melihat segala aktivitasnya secara
langsung. Ada juga merchandise yang beragam dan yang cukup sensasional adalah photopacks yang diproduksi tiap bulan, ya semacam ngumpulin foto idolamu itu lah.. Yang unik dan
membuat gue jatuh cinta yaitu setlist theaternya, seru! dengan membayar cukup 50-100 ribu rupiah, kamu bisa menyaksikan JKT48 tampil sekitar 16 lagu dengan koreografi yang menarik
dan berikut juga dengan sesi MC yang membuat kita langsung tau sendiri karakter dari tiap idol. Masih banyak strategi promo uniknya, ada perayaan ulang tahun idol member, olahraga
bareng, pokoknya deket deh. :*

4. WOTA
Ini unik, nama fans fanatiknya 48 family disebut dengan Wota. Wota itu yang suka bawa lightstick setiap 48 Girls ini tampil. Sambil chant-mix yang sering dibilang teriak-teriak gak
jelas itu. Padahal itu adalah salah satu proses dimana saling melengkapi atau take part of the show. Penampilan member akan lebih semangat kalau mendapat dukungan dari fans, bukan
begitu? Kalau penontonnya senang, performer pun turut senang. Ada juga Wotagei yang melakukan pertunjukkan dengan lightstick mereka mengikuti musik, seringkali berkelompok atau
sendiri dengan koreografi yang saya sendiri belum mengetahui apalagi mempelajari. Wota ini selain chant juga sering memberi semangat dengan memberi gift setelah theater atau
perform, entah itu barang, fan letter, fan art, dan sebagainya. Sungguh fans yang rela berkorban dan luar biasa karena disinilah letak take & gift itu. Ada juga sekarang Wota
berisik, labil, caper yang kalau theater kerjanya teriak member-call gak jelas. Emosi nih! Baru mengalami tadi! Theater makin berisik! Jadi curhat kan tuh gue… issssh… :p

5. JEPANG!
Aku suka musiknya, bandnya, kartunnya, bahasanya, masakkannya, pemandangannya, sumber panasbuminya, budayanya, tim sepakbolanya, Gravure-nya, JAV-nya, lho..lho…lho?? Pokoknya aku
suka Jepang!!! Harus belajar lebih banyak tentang Jepang di tahun ini, demi karir dan budayanya! Saat nulis ini aja lagi denger SCANDAL band Jepang full wanita yang akan konser
tanggal 13 Maret nanti, semoga bisa nonton! dan harus nonton biar gak nyesel kaya Laruku di tahun lalu! ;)

6. 48 FAMILY
Jauh sebelum ada JKT48, lebih dulu kita mengenal AKB48, SKE48, NMB48, SDN48, HKT48, dan lain-lainnya yang disebut dengan 48 Family. 48 itu banyak yang menfsirkan sebagai jumlah
anggotanya, padahal bukan. 48 itu adalah nama kantor pusatnya di daerah Chiba (48 itu bahasa Jepangnya adalah Chi-Ba), 3 huruf sebelum angka 48 menunjukkan lokasi idol group itu, seperti Akihabara untuk AKB, JKT untuk Jakarta, SNH untuk
Shanghai, juga TPE untuk Taipei. Iya, dua yang disebut terakhir adalah adiknya JKT48, jadi mereka ini selain idol group, disebut juga sister group, macam kakak adik yang isinya
cewek semua lah. Anak tertua namanya AKB, nah yang lainnya itu adalah adik-adiknya.. Menarik bukan?



7. ENERGI POSITIF
Theater pertama gue adalah sangat berkesan, duduk di tengah pinggir dan pokoknya nice spot deh untuk melihat these angels. JKT48 jauh dari yang gue bayangkan pertama, anak-anak ABG
atau bahkan bocah-bocah yang cuma pamer paha aja. Tapi di sana gue mendapat energi yang berbeda. Rasanya seperti menonton pertunjukan, hmmm, ya sesuai namanya, theater.. seperti
mendukung adik kita sendiri yang sedang tampil di acara sekolahnya. Atau mungkin menonton pertunjukkan gebetan juga bisa. hehehe… Lagu-lagu theaternya itu seperti memberi energi
entah darimana, seperti recharging semangat gitu lah… Lagu-lagunya positif, temanya gak terlalu pasaran tapi khas Jepang, tapi ada dua lagu yang buat gue sumringah dan
full-charged semangat ini, yaitu ‘WASSHOI J!’ dan “HIKOUKIGUMO’. Entah kenapa setelah dengar lagu itu gue seperti bahagia banget! Dan pokoknya yang paling bertanggung jawab hingga
gue jadi 48 Freak ini adalah Fery Ferdiansyah yang ngajak gue pertama kali theater. Aseeemmm… jadi ketagihan deh.. kenapa ya? biasanya yang udah nonton sekali itu ketagihan,
apakah benar tiap member ada peletnya…? :p

0 komentar:

Posting Komentar

Instagram