Sabtu, 24 Mei 2014

Adiwiyata dan Konservasi untuk SMAN 2 Temanggung tercinta

Perjalanan SMAN 2 Temanggung sebagai sekolah berwawasan lingkungan semakin lengkap dengan kiprahnya dalam ajang Green School Award Tahun 2014 yang berhasil merebut juara 1. Penghargaan Green School Award (GSA) merupakan agenda rutin Universitas Negeri Semarang sebagai universitas konservasi yang senantiasa mengusung misi konservasi bagi keberlanjutan bumi.

Ajang Green School Award yang diselenggarakan mulai 15 Februari-22 Maret 2014 diikuti oleh sekolah-sekolah setingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat di lingkungan propinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini terbuka untuk sekolah-sekolah yang memang berkomitmen pada upaya konservasi lingkungan yang didasarkan pada delapan pilar konservasi, yaitu sumberdaya manusia, biodiversitas, transportasi hijau, energi bersih, nir kertas, pengolahan limbah, etika seni dan budaya dan kader konservasi.

Pengisian parameter isian GSA dilakukan secara on line mulai tanggal 15 Februari-10 Maret 2014, dan penentuan nominator 10 besar oleh dewan juri dari Badan Pengembang Konservasi UNNES diumumkan pada tanggal 11 Maret 2014, setelah itu, maka akan dilakukan visitasi terhadap sekolah-sekolah yang dinyatakan lulus nominasi 10 besar tanggal 14-22 Maret 2014. Adapun sekolah-sekolah yang dinyatakan lolos sebagai nominator 10 besar adalah MAN Purbalingga, SMAN 1 Weleri, SMAN 1 Prembun, SMAN 2 Temanggung, SMAN 1 Bandar, SMAN 1 Demak, SMKN Wanareja, SMAN 1 Bergas, SMKN 1 Pati, dan SMAN 1 Baturetno.

Dan setelah melalui serangkaian penilaian, maka pada tanggal 26 Maret 2014 SMAN 2 Temanggung bersama SMAN 1 Demak dan SMAN 1 Bandar dinyatakan sebagai finalis GSA 2014. Drs. Supriyanto, M.Pd selaku kepala SMAN 2 Temanggung menyampaikan bahwa SMAN 2 Temanggung sudah mengikuti ajang GSA ini untuk keempat kalinya, dan baru tahun ini dapat meraih nominator tiga besar. “Sebuah perjalanan yang tidak singkat bagi kami dalam mengikuti ajang ini, selama empat tahun pula, kami selalu berbenah untuk menjadi lebih baik, “ lanjutnya.

Menyatu dalam rangkaian upacara Dies Natalis UNNES yang ke 49, disampaikan pengumuman pemenang GSA untuk kategori SMP/sederajat dan SMA/sederajat. Dan hasilnya SMAN 2 Temanggung berhasil meraih juara 1, disusul SMAN 1 Bandar dan SMAN 1 Demak. Sementara untuk kategori SMP/sederajat pemenangnya adalah SMPN 1 Selomerto, disusul SMPN 1 Temanggung dan SMPN 1 Tegowanu.






0 komentar:

Posting Komentar

Instagram