Analisis
Manajemen Strategik
PT. AQUA
GOLDEN MISSISIPPI Tbk.
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Manajemen Strategi
Oleh:
Moch Sholahudein (7311413219)
Agus
Budiawan (7311413236)
MANAJEMEN
SDM
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2015
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Tujuan utama
yang diharapkan oleh suatu perusahaan dalam kegiatan usahanya adalah mencapai
laba atau nilai yang optimal dengan menggunakan sumberdaya secara efektif dan
efisien untuk kelangsungan hidup perusahaan. Mengingat PT. Aqua Golden
Mississippi, Tbk merupakan perusahaan yang cukup besar, yaitu sebagai
perusahaan yang mempelopori usaha air minum dalam kemasan di Indonesia sejak
tahun 1973. Maka dari itu, pengelolaan modal kerja dalam perusahaan sangat
memerlukan perhatian khusus. Perusahaan juga berkepentingan untuk menjaga
profitabilitasnya dengan baik agar kondisi krisis yang dialami Indonesia tidak
berimbas pada perusahaan sehingga perusahaan akan mampu memperoleh laba di
dalam menjalankan usahanya.
2.
Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang makalah ini, maka
perumusan masalah yang dihadapi adalah sebagai berikut :
1)
Apa
visi, misi, tujuan, dan strategi PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk ?
2) Apakah
visi, misi, tujuan, dan strategi PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk masih relevan dengan keadaan saat ini?
3) Apa
saja peluang dan tantangan eksternal yang dihadapi oleh PT. Aqua Golden
Mississippi, Tbk ?
4) Bagaimana
analisis dari EF matrik PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk ?
5) Bagaimana
analisis competitive profile matrik dari PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk ?
6) Apa
saja kekuatan dan kelemahan yang dimiliki PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk ?
7) Bagaimana
analisis dari IF matrik PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk ?
8) Bagaimanakah
analisis SWOT dan BCG dari PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk ?
9) Apa
strategi dan tujuan jangka panjang yang bisa direkomendasikan untuk PT. Aqua
Golden Mississippi, Tbk ?
10) Bagaimana
penerapanya pada PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk ?
11) Apa
tujuan dan kebijakan satu tahun kedepan yang bisa direkomendasikan untuk PT.
Aqua Golden Mississippi, Tbk ?
12) Bagaimana
evaluasi strategi dilakukan?
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Profil Perusahaan
AQUA
merupakan merek minuman yang sudah terpercaya hingga puluhan tahun sebagai
merek terbaik. Terbukti AQUA sudah menerima berbagai penghargaan yang merupakan
wujud kepercayaan dan kepuasan konsumen, antara lain: Indonesian Best Brand
Award (penghargaan untuk merek terbaik Indonesia) dari tahun 2003-2004,
Indonesian Customer Satisfaction Award (penghargaan untuk merek yang memberikan
kepuasan tertinggi kepada konsumennya) dari tahun 2003 dan Indonesian Golden
Brand Award di tahun 2005-2007.
Visi :
AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih
dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun
1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat
masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang
terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume
penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.
Misi :
AQUA selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia,
diantaranya program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA
untuk Anak Indonesia).
Tujuan :
Tujuan merupakan pernyataan kualitatif mengenai keadaan atau hasil yang ingin
dicapai dimasa yang akan datang. Dalam hal ini kita semua mengetahui bahwa
tujuan utama dari tiap perusahaan yang menjalanakan usahanya adalah profit. Dan
demi mencapai tujuan tersebut, AQUA dari tahun ke tahun melakukan inovasi
produk. Yang dapat dilihat dalam “Sejarah PT. Danone AQUA”.
Strategi :
Dalam era persaingan yang semakin ketat, setiap kali sebuah perusahaan
harus mengevaluasi kinerjanya, serta melakukan serangkaian perbaikan, agar
tetap tumbuh dan dapat bersaing. Seperti; Meningkatkan jangkauan pemasaran ke
suluh Indonesia dan mancanegara, Mencari sumber-sumber air di wilayah Indosesia
dan International, Melakukan lisensi pada setiap produk, Menigkatkan
dukungan dan kepercayaan masyarakat terhadap air minum dalam kemasan, Memberikan
layanan ke masyarakat sekitar sumber air, dan Meningkatkan kontrol
distribusi produk dan pasokan dari pihak ke tiga dan pemasok distributor.
2.
Relevansi
Visi Misi
Visi, misi, tujuan, dan strategi yang digunakan oleh
PT. Aqua
Golden Missisippi, Tbk masih relevan dengan keadaan saat ini
dan masih memungkinkan perusahaan untuk tetap berada pada dunia persaingan usaha air
minum dalam kemasan di Indonesia. Dengan target pasar
seluruh kalangan masyarakat Indonesia dan masyarakat luar negeri, Aqua
menawarkan beberapa produk air mineral tidak hanya dalam bentuk kemasan. Aqua
menawarkan beberapa produknya seperti, Aqua Reflection, Aqua 50, dan minuman
isotonik Mizone.
Aqua makin mantap untuk bersaing di pasar Indonesia
maupun luar Indonesia. Dengan terus melakukan inovasi produk, manajemen yang
baik, dan segi promosi melalui iklan yang menarik, untuk mempertahankan loyalitas
pelanggan. Aqua telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih
dari 30 tahun dan Aqua akan tetap dan selalu menjadi pelopor air minum dalam
kemasan yang terbesar dan terdepan di Indonesia, sebagai fokus usahanya.
Sehingga Aqua akan selalu menjadi market
leader untuk air minum dalam kemasan.
Aqua selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia,
diantaranya program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia), AuAI (AQUA
untuk Anak Indonesia) dan pembagian air bersih didaerah
terpencil sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan. Hal ini
didukung dengan adanya upaya untuk terus menciptakan nilai tambah dan
mengembangkan inovasi pada produk sesuai dengan keadaan pasar yang dilakukan
oleh PT. Aqua
Golden Mississippi, Tbk. Selain itu, dalam produksi Aqua harus benar-benar
memperhatikan tekhnologi yang digunakan. Karena disini dalam penyaluran air,
Aqua masih menggunakan bahan pralon bukan stainless.
3.
Peluang
dan Tantangan Eksternal PT. Aqua
Golden Mississippi, Tbk
Peluang:
- Bisnis air mineral menjanjikan
- Potensi Pasar
- Jangkauan Pemasaran
- Bahan Baku untuk wilayah indonesia melimpah
- Kesempatan pangsa pasar internasional
Tantangan:
- Lokasi sumber air
- Pemalsuan Produk
- Limbah kemasan
- Muncul Teknologi Filterisasi air
- Dukungan masyarakat skitar sumber air
4.
Matrik
EF PT. Aqua Golden
Mississippi, Tbk
Peluang
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Mempunyai peluang
untuk merambah ke agen-agen kecil
|
0.26
|
3
|
0.78
|
Jenjang menuju strata
distributor terbuka lebar
|
0.22
|
3
|
0.66
|
Aqua mempunyai
kesempatan besar untuk menembus ke pasar internasional
|
0.24
|
3
|
0.72
|
Sosialisasi ke
masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi air mineral yg bersih dan higenis
|
0.28
|
3
|
0.84
|
Jumlah
|
1.00
|
3.00
|
Ancaman
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Tidak stabilnya nilai
tukar rupiah
|
0.38
|
-3
|
-0.11
|
Mulai muncul produk
air mineral baru
|
0.37
|
-2
|
-0.74
|
Melemahnya daya beli
konsumen
|
0.13
|
-3
|
-0.39
|
Munculnya depo air
minum isi ulang
|
0.12
|
-3
|
-0.36
|
Jumlah
|
1.00
|
-1.60
|
5. Competitive
Profile Matriks
Faktor-faktor keberhasilan penting
|
Bobot
|
Aqua
|
Ades
|
Nestle
|
|||
Rating
|
Skor
|
Rating
|
Skor
|
Rating
|
Skor
|
||
Iklan
|
0.15
|
3
|
0.45
|
1
|
0.15
|
2
|
0.30
|
Kualitas Produk
|
0.15
|
2
|
0.30
|
1
|
0.15
|
3
|
0.45
|
Daya Saing harga
|
0.10
|
3
|
0.30
|
2
|
0.20
|
2
|
0.20
|
Manajemen
|
0.10
|
3
|
0.30
|
2
|
0.20
|
4
|
0.40
|
Posisi keuangan
|
0.10
|
3
|
0.20
|
2
|
0.20
|
3
|
0.30
|
Loyalitas konsumen
|
0.15
|
3
|
0.45
|
2
|
0.30
|
3
|
0.45
|
Ekspansi global
|
0.05
|
3
|
0.15
|
2
|
0.10
|
3
|
0.15
|
Pangsa Pasar
|
0.20
|
3
|
0.60
|
2
|
0.40
|
3
|
0.60
|
Total
|
1
|
2.75
|
1.70
|
2.85
|
Kami
memilih Ades dan Nestle sebagai kompetitor dari Aqua karena masing-masing dari
kompetitior memiliki faktor-faktor keberhasilan penting di pasaran. Mulai dari
Pengiklanan, Daya Saing Produk, Manajemen, Pangsa pasar dan faktor penunjang
lainnya.
Dari
segi kemasan produk, kedua kompetitor ini memiliki desain produk yang menarik
dan efesiensi kemasan yang baik, tidak kalah dengan brand Aqua. Seperti botol
kemasan yang dibuat lebih tipis sehingga menekan biaya produksi, akan tetapi
tetap adanya inovasi dari segi tampilan produk. Selain itu, kedua produk ini memiliki
daya saing dalam hal harga yang hampir sama dengan Aqua. Hal-hal seperti inilah
yang akan menjadi ancaman dari produk Aqua, maka Aqua perlu mengevaluasi dan
pengendalian lebih dalam lagi.
Di
sini Aqua masih kalah dengan Nestle dalam hal mesin produksi yang lebih modern
dan teknologi filterisasi
air yang lebih higenis. Dari kekurangan dan keterbatasan dari
Aqua tadi, Aqua masih memiliki keunggulan seperti, Brand Aqua yang tetap
menjadi market leader untuk air minum
dalam kemasan.
6.
Kekuatan
dan Kelemahan PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk
Kekuatan:
·
Brand Aqua Danone sangat kuat
·
Periklanan yang yang berbeda dan lebih menarik
·
Promosi produk
·
Design Kemasan Produk bervariatif
Kelemahan:
·
Distribusi Produk Menggunakan Pihak ketiga
·
Kendali pasokan/stock berada pada distributor utama
·
Jangkauan pemasaran
7.
Matriks IF
PT. Aqua Golden
Mississippi, Tbk
Kekuatan
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Brand Aqua Danone sangat kuat
|
0.30
|
3
|
0.90
|
Periklanan yang yang berbeda dan
lebih menarik
|
0.25
|
2
|
0.50
|
Promosi produk
|
0.15
|
2
|
0.30
|
Design Kemasan Produk bervariatif
|
0.30
|
2
|
0.60
|
Jumlah
|
1.00
|
2.30
|
|
Kelemahan
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Distribusi Produk Menggunakan
Pihak ketiga
|
0.30
|
-2
|
-0.60
|
Kendali pasokan/stock berada pada
distributor utama
|
0.36
|
-2
|
-0.72
|
Jangkauan pemasaran
|
0.34
|
-2
|
-0.68
|
Total
|
1.00
|
-2.00
|
8.
Analisis
SWOT dan Matrik BCG
Strenghts
|
Weakness
|
|
IF
|
S1 Brand Aqua Danone sangat kuat
S2 Periklanan yang yang berbeda
dan lebih menarik
S3 Promosi produk
S4 Design Kemasan Produk bervariatif
|
W1 Distribusi Produk menggunakan
Pihak ketiga
W2 Kendali pasokan/stock berada pada
distributor utama
W3 Jangkauan pemasaran
|
EF
|
||
Opportunities
|
SO
|
WO
|
O1 Bisnis air mineral menjanjikan
O2 Potensi Pasar
O3 Jangkauan Pemasaran
O4 Bahan Baku untuk wilayah
indonesia melimpah
O5 Kesempatan pangsa pasar
internasional
|
Kemasan Aqua semakin beragam (S4O2)
|
Aqua mempunyai kesempatan besar untuk bisa menembus
pasar Internasional (W3O5)
|
Perusahaan melakukan pengembangan produk dengan
memperhatikan mulai dari awal pengisian air sampai dengan pengemasan akhir
dengan inovasi terbaru Tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif. (S4O1)
|
Jenjang menuju strata Distributor terbuka lebar
(W2O2)
|
|
Threats
|
ST
|
WT
|
T1 Lokasi sumber air
T2 Pemalsuan Produk
T3 Limbah kemasan
T4 Muncul Teknologi Filterisasi
air
T5 Dukungan masyarakat skitar
sumber air
|
Track record distribusi Aqua Danone bisa dipakai referensi untuk
melebarkan sayap bisnis produk Danone
Food (Biskuat dll) (S1T5)
|
Meminimalisasi biaya produksi (W1T1)
|
PT. Aqua Danone meluncurkan minuman berisotonik yaitu Mizone (S2T4)
|
Mengurangi penumpukan stock di gudang (W2T4)
|
BCG MATRIKS
AQUA
|
AQUA
REFLECTION
|
MIZONE
|
AQUA
50
|
1.
Tanda tanya (Question Mark): memiliki
posisi pangsa pasar relatif yang rendah, tetapi mereka bersaing dalam industri
yang bertumbuh pesat. Pertumbuhan produk turunan Aqua yaitu Aqua Reflection
terbilang rendah tetapi juga bersaing di
industri yang bertumbuh pesat.
2.
Bintang (Star): memiliki peluang jangka
panjang terbaik untuk pertumbuhan dan profitabilitas bagi organisasi. Dalam hal
ini produk Aqua merupakan produk unggulan yang pertumbuhannya terus meningkat
dan memiliki pangsa pasar yang luas.
3.
Sapi perah (Cash Cow): memiliki pangsa
pasar relatif yang tinggi tetapi bersaing dalam industri yang pertumbuhannya
lambat. Meskipun pangsa pasar Aqua tinggi, namun salah satu produknya yaitu
Mizone mengalami pertumbuhan yang masih rendah.
4.
Anjing (Dog): memiliki pangsa pasar
relatif yang rendah dan bersaing dalam industri yang pertumbuhannya rendah atau
tidak tumbuh. Pertumbuhan produk turunan Aqua yaitu AQUA 50 terbilang rendah,
begitu juga dengan pangsa pasarnya.
Manfaat analisis SWOT adalah untuk menganalisis dan
mengetahui faktor-faktor internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) dan
faktor-faktor eksternal perusahaan (peluang dan ancaman) yang bisa digunakan
untuk menetapkan strategi apa yang sebaiknya digunakan.
Kelebihan dari matriks BCG adalah salah satu alat
pembuat keputusan yang paling mudah. Hanya dengan membaca grafiknya, orang akan
dapat dengan mudah melihat di posisi manakah perusahaan mereka berada. Matriks
ini memusatkan perhatian pada arus kas, karakteristik investasi, dan kebutuhan
berbagai divisi organisasi. Adapun untuk kelemahan dari matriks ini hanya
menggunakan dua dimensi yaitu pangsa pasar relatif dan tingkat pertumbuhan
pasar. Kemungkinan sulit mendapatkan data pangsa pasar maupun tingkat
pertumbuhan pasar. Terlalu menyederhanakan banyak bisnis karena memandang semua
bisnis sebagai bintang, sapi perah, anjing atau tanda tanya.
1.
Rekomendasi
Strategi Jangka Panjang
Berdasarkan
analisis SWOT, kami mengkombinasikan kekuatan perusahaan dengan peluang yang
dimiliki untuk menciptakan sebuah strategi, yaitu dengan selalu melakukan inovasi
dalam pengemasan produk sehingga dapat menarik minat konsumen baru dan menjadi
nilai kompetitif dari produk pesaing, serta dengan meningkatkan kualitas SDM
serta mesin operasional yang baru untuk menghasilkan air minum dalam kemasan
(AMDK) yang sehat serta higienis.
Sedangkan
berdasarkan analisis matrik BCG, salah satu produk Aqua yaitu Aqua Reflection berada
pada level Question Mark, di mana pangsa pasarnya rendah namun pertumbuhannya
tinggi yang sebenarnya masih bisa ditingkatkan menjadi level Star. Aqua
Reflection sendiri merupakan produk sejenis dengan Aqua yaitu air minum dalam
kemasan (AMDK), namun dalam pemasarannya memiliki segmen yang berbeda, karena Aqua
Reflection mempunyai harga lebih tinggi dari Aqua sehingga lebih ditujukan pada
konsumen menengah keatas. Dengan melakukan promosi yang gencar maka Aqua
Reflection dapat menguasai pangsa pasar.
2.
Hasil
yang diharapkan
Dari
strategi SWOT di atas, diharapkan perusahaan mampu berinovasi untuk selalu
mengikuti selera konsumen, dalam hal ini yaitu untuk selalu berinovasi dalam
pengemasan produk. Sehingga Aqua bisa tetap bertahan sebagai market leader dalam industri air minum
dalam kemasan (AMDK). Selain itu, untuk menjaga citra positiv brand Aqua, dapat
dilakukan dengan melakukan program CSR.
Dengan
melakukan program CSR, AQUA berusaha memberikan bantuan air bersih untuk wilayah
terpencil sekaligus sebagai salah satu promosinya bahwa Aqua juga perduli
terhadap sesama.
3.
Rekomendasi
Tujuan Tahunan
Tujuan jangka
panjang PT. Aqua
Golden Mississippi, Tbk adalah selalu menyediakan dan memberikan air bersih
kepada masyarakat Indonesia. Dari tujuan jangka panjang tersebut dapat
diuraikan menjadi tujuan jangka pendek untuk satu tahun kedepan. Berkaitan
dengan adanya MEA tahun 2016, maka kami menetapkan strategi pengembangan pangsa
pasar untuk wilayah ASEAN. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara
meningkatkan kualitas SDM, mendatangkan mesin operasi terbaru, melakukan
promosi yang inovatif, serta dengan menerapkan ISO9002.
4.
Rekomendasi
Evaluasi Strategi
Mengkaji Landasan Strategi
Pada perusahaan Aqua kami menggunakan
Analisis SWOT serta Matriks BCG. Analisis SWOT digunakan untuk melihat faktor
internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal perusahaan
(peluang dan ancaman). Sedangkan matriks BCG digunakan untuk melihat posisi
produk Aqua di pasar. Dengan melakukan analisis dengan menggunakan dua teknik
analisis tersebut, dapat untuk mengatasi permasalahan yang ada serta
menghasilkan strategi baru untuk perusahaan Aqua.
Mengukur
Kinerja Perusahaan
Untuk melakukan pengukuran kinerja perusahaan dapat
dilakukan dengan 2 cara, yaitu:
Membandingkan
kinerja perusahaan dari tahun ke tahun serta dengan membandingkan dengan
perusahaan pesaing. Namun, mulai tahun 2011 Aqua melakukan delisting dari bursa
karena go private, sehingga laporan
keuangannya tidak dipublikasikan untuk umum.
Untuk perbandingan dengan perusahaan pesaing, kita
akan mengambil perbandingan dengan Ades di tahun 2010, Aqua memiliki total aset
sebesar 26.247.527, sedangkan Ades memiliki total aset 316.048.
Tindakan
korektif
·
Menerapkan ISO 9002
·
Menjaga citra positiv Aqua agar selalu
dipercaya oleh konsumen salah satunya dengan CSR.
·
Melakukan inovasi dalam pengemasan
produk
BAB III
PENUTUP
1.
Simpulan
Analisis
strategi yang digunakan adalah analisis SWOT dan matriks BCG yang menggambarkan
kondisi perusahaan dan posisi produk di pasar. Analisis ini membantu perusahaan
untuk tetap tetap bertahan sebagai market
leader dalam industri air minum dalam kemasan (AMDK). Aqua menerapkan prinsip-prinsip tata kelola
perusahaan yang baik demi memastikan
jalannya roda bisnis
perusahaan secara bertanggung
jawab, mematuhi segala peraturan
dan hukum yang
berlaku, serta memperhatikan keseimbangan aspek
keberhasilan ekonomi dan
kemajuan sosial-lingkungan.
Selain itu, penerapan
tata kelola perusahaan
yang baik menjadi
bukti perusahaan dalam menjaga
kepercayaan investor yang
pada akhirnya dapat meningkatkan nilai tambah bagi mereka.
Lampiran
Pertanyaan
1.
Septian
Nurul Khaerani
Bagaimana
cara AQUA dalam mengahadapi banyaknya depot air minum isi ulang?
Jawab:
untuk menghadapi masalah tersebut aqua tidak perlu khawatir karena target
konsumennya juga berbeda, jika air isi ulang ditargetkan untuk menengah
kebawah, aqua ditargetkan untuk kalangan menengah keatas yg lebih mengutamakan
kualitas dan kesehatan. Jadi, meskipun banyak depot isi ulang, aqua tetap akan
menjadi market leader dalam industri AMDK.
2.
Istiana
Bagaimana
upaya perusahaan AQUA untuk menghindari pemalsuan produk, yang akan merugikan
pelanggan?
Jawab: Selama ini dari Aqua selalu memberikan yang terbaik
untuk masyarakat Indonesia, dan dari perusahaan sendiri tidak pernah memalsukan
produk yang pada akhirnya akan merugikan pelanggan. Untuk itu, balik lagi
kepada pelanggan untuk jeli memilih produk aqua asli, mulai dari label/logon
yang tertera dalam kemasan. Untuk meminimalisir hal ini Aqua juga selalu
berinovasi dalam kemasan produknya terutama pada tutup botol Aqua yang selalu
berganti, dari yg ada pembungkusnya sampai sekarang yang berbunyi “klik” ketika
di putar dan botol Aqua yg mulai tipis.
Bagaimana
upaya perussahaan AQUA dalam mengolah sampah plastiknya?
Jawab: Tidak bisa dipungkiri bahwa sampah plastic sulit
didaur ulang. Untuk mengatasi hal ini dari perusahaan kembali berinovasi
terhadap kemasan produk dalam hal ini botol aqua yang dibuat semakin tipis dari
sebelumnya. Hal ini memang belum sepenuhnya bisa memberikan olusi terhadap
sampah plastic, akan tetapi bisa meminimalisirnya. Selain itu, sekarang banyak
sekali bank-bank sampah yg bisa dimanfaatkan untuk ditukar dengan uang, atau
masyarakat yang memiliki jiwa seni dan kreativitas tinggi, bisa dengan membuat kerajinan tangan melalui
sampah plastic tadi.
Daftar Pustaka
1.
Buku
Hunger,D.J.,
dan Wheelen, T.L. 2000. Strategic
Management, Ed. 7. Prentince Hall
Kasali,
R.S. dan Norton, D.P. 2000. Membidik
Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, Positioning. Gramedia Pustaka
Utama. Jakarta
Solihin,
Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Erlangga.
Jakarta
2.
Artikel
dan Makalah
Alimudin,
Arasy. 2013. Manajemen Strategi PT. AQUA
golden Missisippi, Tbk. Diambil
dari: http://arasy.dosen.narotama.ac.id/ (20
November 2015)
Damayanti,
Farah. 2011. Manajemen
Stratejik Analisis Swot Pada Pt. Aqua Danone Diambil Dari https://farahdamayanti.wordpress.com/2011/07/12/manajemen-stratejik-analisis-swot-pada-pt-aqua-danone/ (20
November 2015)
Edukasi,
Indodetik. 2013. Makalah Manajemen
Strategi PT. AQUA golden Missisippi, Tbk. Diambil dari: https://edudetik.wordpress.com/2013/11/29/makalah-manajemen-strategi-pt-aqua-golden-mississippi-tbk/ (1
Desember 2015)
Mei,
Prapty. 2012. Menejemen Straategi :
Analisis Variabel Eksternal AQUA Group. Diambil dari: http://dengancarakusendiri.blogspot.com/2012/04/menejemen-straategi-analisis-variabel.html (20 November 2015)
Septian
Wibisono, Andy. 2013. Tugas Manajemen
Strategi PT. AQUA golden Missisippi, Tbk. Diambil dari: https://andyseptianwibisono.wordpress.com/2013/06/25/tugas-manajemen-strategik-pt-aqua-golden-mississippi-tbk/ (27 November 2015)
Sutrisna,
Ian. 2013. Laporan Keuangan Perusahaan
Tbk. Tahun 2012 dan Perhitungan Rasio Likuiditas Diambil dari: http://iansutrisna.blogspot.com/2013/04/laporan-keuangan-perusahaan-tbk-tahun.html (30 November 2015)
Utami, Dyah. 2014. Strategi & Taktik Produk Aqua Diambil
dari: http://utami-hatlia.mhs.narotama.ac.id/2014/07/09/strategi-taktik-produk-aqua/ (30
November 2015)
0 komentar:
Posting Komentar